Tidak bisa tidur saat malam hari menjelang?! Padahal Anda sudah melakukan semua saran yang pernah Anda baca, mulai dari mengurangi konsumsi kafein, tidak lagi berolahraga menjelang tidur, mengatur suhu kamar agar tetap sejuk dan nyaman, hingga membeli tempat tidur dan pernak-perniknya yang diakui paling nyaman.

Namun, bila hal-hal tersebut tetap tidak kunjung membuat Anda terlelap juga, maka ada baiknya Anda memperhatikan beberapa fakta menarik seputar tidur berikut ini.

Setel alarm untuk tidur.
Kebanyakan dari kita dibangunkan oleh alarm pada pagi hari, namun Michael Breus, PhD, penulis buku 'Beauty Sleep: Look Younger, Lose Weight, and Feel Great Through Better Sleep' menyarankan agar Anda juga menyetel alarm di malam hari, untuk mengingatkan bahwa sudah dekat waktunya untuk tidur.

Sebaiknya alarm disetel 1 jam sebelum tidur. Tindakan ini akan mengingatkan 'pikiran' Anda bahwa sudah waktunya untuk tidur. Anda bisa menghabiskan 20 menit pertama dari jeda yang ada untuk menyelesaikan urusan malam itu, misalnya memasukkan anjing ke kandangnya, atau memikirkan menu makan siang besok.

Lalu 20 menit lagi untuk membersihkan diri, misalnya dengan menyikat gigi, mencuci wajah, dan lain-lain. Dan 20 menit terakhir bisa Anda habiskan untuk relaksasi sebelum tidur. Anda tak harus bermeditasi, jika hal itu tidak biasa Anda lakukan. Anda bisa melakukan latihan pernafasan sederhana, membaca buku, atau menonton acara TV yang tidak terlalu menegangkan (acara komedi membuat Anda rileks).

Jangan kosongkan pikiran.
Para ahli mengatakan bahwa kegelisahan dan depresi merupakan alasan paling banyak yang membuat orang susah tidur. Kebanyakan dari orang memang justru mulai memikirkan masalah saat keheningan malam menyapa, yang sebelumnya terkubur dalam jam-jam kerja yang sibuk.

Tentu saja bila Anda bisa menganggapnya lalu, maka lakukan saja dan sambut tidur nyenyak tersebut. Namun, jika hal itu mustahil, maka jangan memaksakan diri untuk menganggapnya lalu.

Sebaiknya, coba hadapi pikiran dan kegelisahan yang datang. Ucapkan apapun yang terlintas dalam benak Anda dengan nada yang lembut, seperti saat Anda curhat pada teman baik Anda.

Tak jadi masalah apakah itu hal sepele atau kekhawatiran yang cukup besar bagi Anda. Dengan melepaskan semua pemikiran melalui dialog dengan diri sendiri bisa membuat Anda lebih plong dan siap untuk masuk alam mimpi.

Hitung angka, bukan domba.
Cara lain untuk menenangkan gejolak pikiran adalah dengan menghitung mundur dari 300, 296, 293, dan seterusnya. Asalkan Anda bukan ahli matematika, maka penghitungan berpola macam ini bisa membuat pikiran teralihkan dari masalah yang membuat Anda stres.

Bangunlah setengah jam lebih pagi.
Bagi Anda yang menderita insomnia kronis, maka latihlah diri untuk bangun setengah jam lebih awal. Jadi, jika biasanya Anda bangun pukul 7 tiap pagi, maka Anda harus memaksa diri untuk bangun pukul 6.30, tak peduli jam berapa Anda tidur semalam.

Mungkin Anda memang akan merasa ngantuk untuk beberapa saat, namun cara ini sangat efektif untuk memaksa tubuh menyesuaikan diri. Tubuh jadi menyadari bahwa ia tidak bisa tidur lebih lama di pagi hari, maka untuk memenuhi kebutuhan tidur, tubuh akan tidur lebih awal di malam hari.

Jangan khawatir jika Anda tidak bisa segera terlelap.
Pada umumnya jarang sekali bagi seseorang untuk langsung terlelap begitu kepala menyentuh bantal. Jika hal ini terjadi, mungkin orang tersebut mengalami kurang tidur. Idealnya, tiap orang membutuhkan waktu sekitar 15-25 menit bagi seseorang untuk sampai pada tahap terlelap sejak kepalanya menyentuh bantal.

Pergilah tidur jika lelah.
Jika Anda memiliki masalah tidur yang berkelanjutan, jangan terlalu khawatir dengan fakta bahwa Anda selalu kemalaman saat terlelap atau bangun kurang dari 7 jam.

Memaksa diri untuk tetap berada di tempat tidur saat Anda tidak sedang mengantuk hanya akan membuat Anda tersiksa. Ketimbang bergulat di tempat tidur, lebih baik bila Anda bangun dan melakukan sesuatu yang membuat rileks, lalu kembalilah ke tempat tidur saat Anda merasa lelah.

Anda mungkin akan bangun dalam keadaan amat lelah pada keesokan harinya, namun perasaan Anda akan lebih baik karena Anda tidak memaksa tubuh untuk tidur, dan pastinya hari itu Anda akan bisa terlelap lebih cepat.

Obat tidur alami.
Minumlah campuran 2 sendok teh cairan ekstrak valerian dengan seperempat cangkir air hangat agar Anda bisa segera tidur. Jika Anda bangun saat tengah malam, ambillah satu dosis lagi. Anda mungkin perlu 3 dosis larutan di atas per malam. Namun, jika Anda mendapati gelisah, maka coba ganti dengan passion flower. Carilah di toko obat yang menyediakan ekstrak tanaman tersebut.

Sumber : kapanlagi.com

Tulisan Yang Berkaitan



October 07, 2009 Posted in | , | 0 Comments »

0Komentar:


..aRea waJib NgoMeL..


Silahkan ngomel yang baek2 di sini ^_*. Kalau pengen ngomelin teman yg lain, caranya ketik @ID yang diomelin, trus tulis omelan kamu di bawahnya.


Contoh:


@4827332802306653045.0
Wahhh....blognya siapa neh..?? jelek banget.. :-P