Entah mengapa aku kadang menunggu sesuatu ketika langit mulai terlihat muram. Bukan cerahnya yang aku nanti, ataupun kembalinya langit membiru ceria. Tapi aku sedang menunggu datangnya HUJAN. Aku selalu merindukan hujan. Bukan hanya karena dia mampu menghadiahkan keindahan pelangi kala berpadu dengan mentari. Tapi hujan bagiku juga mampu memberikan ketenangan dan kedamaian. Hujan bagiku adalah teman yang setia untuk merangkai kisah dan cerita. Hujan menganugerahkan begitu banyak inspirasi. (cerita anak hujan)

***

RAIN AFFAIR. Pertama kali membaca judul buku ini, aku langsung tertarik. Bukan hanya karena pengarangnya yang masih muda dan juga seorang blogger seperti saya. Tapi satu kata yang sangat menyihir bagiku, yaitu RAIN (Hujan).

Ternyata aku tidak seorang diri sebagai pengagum hujan, tapi ada juga Mbak Clara. Bahkan hujan telah memberikannya inpirasi untuk merangkai sebuah cerita yang sangat apik. Walaupun kutahu tidak sepenuhnya bercerita tentang hujan. Tapi juga cinta, tepatnya cinta segitiga. (Iya kan Mbak…?? Hehe..)

Mereka adalah Nathan, Lea dan Noah. Noah  dan Lea adalah sepasang kekasih. Sedangkan Nathan adalah sahabat Noah yang kemudian diperkenalkan kepada Lea. Dan Sejak perkenalan itu, keduanya pun akrab dan berteman baik. Bagi Nathan sendiri, Lea adalah masa lalunya yang sempat terpisahkan dalam waktu yang lama. Namun takdir  telah mempertemukan mereka kembali walaupun Lea belum menyadarinya.

Sejak pertemuan kembali itu, Nathan mulai rajin menemani Lea ketika kesepian atau sekedar mendengarkannya bercerita. Dan dari situlah dia mengetahui bahwa selama ini Lea sebenarnya tak merasakan lagi kebahagiaan bersama kekasihnya. Noah acap kali tak jujur dan seolah menyembunyikan sesuatu dari Lea.

Selengkapnya......
May 27, 2010 Posted in | , | 21 Comments »

Ketika tulisan ini saya posting, mungkin suasana di kampus saya, Universitas Hasanuddin Makassar masih sangat memanas. Sejak kemarin sore, dua fakultas yang berbeda sudah terlibat aksi lempar batu dan kejar-kejaran di dalam wilayah kampus merah. Dua fakultas tersebut adalah Fakultas Teknik dan Fisip yang memang dari dulu dikenal sebagai musuh bebuyutan. Mahasiswa Fakultas Ilmu Budaya (Sastra) pun ditengarai ikut-ikutan tersulut emosinya karena merasa terancam. Kebetulan gedung Fisip dan FIB masih satu kompleks.

Hari ini, ketika mahasiswa lainnya yang sedang serius belajar apalagi menghadapi minggu-minggu terakhir perkuliahan di kampus, tiba-tiba dikejutkan oleh teriakan dari puluhan mahasiswi yang berhamburan menyelamatkan diri. Kontan, kami yang berada di dalam kelas dan kebetulan mengikuti kuliah Metode Penelitian Linguistik pun berlarian keluar kelas untuk mencari tahu apa sebenarnya yang terjadi. Dan nampak puluhan mahasiswa berlarian seperti dikejar setan, sementara di belakangn mereka juga terlihat puluhan mahasiswa lainnya mengejar dengan batu di tangan dan wajah yang tertutup kain.

Kejadian memalukan sekaligus memilukan ini bukanlah satu atau dua kali terjadi di Makassar, khususnya di Unhas. Bahkan dalam sebulan ini, tercatat tidak kurang telah terjadi 3 kali aksi keributan. Sebelumnya, juga terjadi pengrusakan dan pembakaran kantor rektorat oleh demonstran dari jurusan Ilmu Geologi  yang berorasi di depan rektorat. Aksi itu kemudian berlanjut dengan keributan antara demonstran dan petugas keamanan kampus (Satpam).

Selengkapnya......
May 25, 2010 Posted in | | 23 Comments »

Kalau di dunia nyata sedang ramai-ramainya demonstrasi dan musim sinetron, beda lagi nih dengan dunia maya. Di dunia maya saat ini ternyata sedang musim kompetisi. Kompetisi yang diadakan pun beragam. Ada yang gampang-gampang susah seperti lomba postingan tematik, lomba membuat puisi lucu sampai dengan lomba membuat fiksi mini. Dan ada juga yang memang beneran susah misalnya kontes SEO.

Nah, bagi kalian yang hobby ikutan kompetisi (baik yang serius ataupun yang sekedar ikutan nimbrung..hehe..), ada lagi nih kompetisi yang menurutku sangat menarik. Menarik karena pesertanya tidak sebatas hanya untuk blogger seperti lomba-lomba di atas, tapi justru untuk facebookers (minimal punya akun FB).

Namanya....namamya...??
Nama dari lomba ini adalah 3 JUTA dari 3 NOVEL. 
(tuinggg....tuinggg...tuinggg..!!! Matanya langsung berbintang-bintang pas ngebaca kata "JUTA"..hehe..)

Yang Ngadakan ??
Lomba ini diadakah oleh Leutika Publisher. Sebelumnya mereka telah sukses mengadakan lomba Curhat Jalan Raya yang berhasil mengumpulkan tidak kurang dari 300 tulisan peserta. Dan mereka kini kembali mengadakan lomba serupa dengan konsep yang berbeda, dan pastinya dengan kemasan yang lebih menarik. Terutama bagi yang demen banget baca novel.

Waktu Pelaksanaan ??
Lomba 3 JUTA dari 3 NOVEL ini berlaku dari tanggal 05 Mei 2010 sampai 15 Juli 2010. Pemenang akan diumumkan tanggal 20 Juli 2010 melalui FB Leutika Publisher dan www.leutika.com. Pemenang akan dihubungi melelui telpon

Selengkapnya......
May 23, 2010 Posted in | | 22 Comments »

“Tapi maaf, aku sudah tidak perawan”. Pesan terakhir yang kukirimkan lewat SMS, sebelum akhirnya dia menghilang entah kemana. Aku kecewa.
 ***

Pengen coba-coba ikutan lomba Fiksi Mini yang diadakan oleh Mbak Wi3nda. Mudah-mudahan aja menang...hehehe......



Selengkapnya......
May 20, 2010 Posted in | | 25 Comments »

Setuju atau tidak, perkembangan sinetron saat ini sudah dalam tahap sangat mengkhawatirkan. Bukan hanya karena jam tayangnya yang semakin menggeser tayangan-tanyangan yang lebih mendidik dan bermanfaat, tapi juga efek dari sinetron itu sendiri.  Kini, sinetron tidak hanyak menjadi tontonan orang dewasa dan remaja, namun anak-anak pun turut larut dalam cerita yang disuguhkan di dalam tayangan sinetron. Dan parahnya, karena sutradara dan produser sinetron seakan bermasa bodoh dengan produk sinetron yang mereka garap. Sehingga, kualitas pun dikesampingkan yang penting sinetronnya kelar dan para pengiklan pun berbondong-bondong agar produk mereka diiklankan.

Perkembangan sinetron di Indonesia berkembang sangat pesat seiring dengan perkembangan jumlah stasiun televisi. Saat ini ada belasan saluran tv dengan skala cakupan siaran nasional dan puluhan atau bahkan ratusan stasiun tv lokal pada tiap wilayah. Bukan hanya di perkotaan, tetapi juga sudah merambah ke desa-desa. Jadi tidaklah mengherankan jika kemudian para remaja yang tinggal jauh dari perkotaan pun sudah bisa meniru gaya dan cara berdandan dari pemain sinetron-sinetron yang mereka lihat. Terlebih lagi, karena tak sedikit anak-anak belasan tahun pun menjadi korban sinetron. Mereka sudah pintar pacaran, berani melawan orang tuanya dan berbagai macam hal-hal negatif lainnya.

Seorang korban sinetron mungkin secara tidak sadar akan meniru pengaruh buruk apa yang ia tonton di tv. Bisa jadi dari sisi berpakaian dan dandanan yang kurang sopan dan wajar, sisi perilaku peran antagonis, sisi peran utama yang menerima penderitaan tanpa usaha dan hanya menanti uluran bantuan orang lain, meniru adegan-adegan tertentu yang dinilai aneh bagi masyarakat, membuat orang-orang desa bermimpi bisa kaya raya seperti di tv dan dapat memicu urbanisasi, dan sebagainya.

Selengkapnya......
May 18, 2010 Posted in | | 19 Comments »

Gerimis belum juga reda ketika magrib telah lewat. Setelah menyusuri jalanan yang basah, aku menepikan motorku tepat di samping sebuah tenda warung makan di pinggir jalan. Kali ini aku ditraktir makan oleh  teman. Sambil menunggu pesanan disiapkan, mataku tertarik memperhatikan dua anak kecil yang sedang bersenda gurau di sudut meja yang lain.

Badannya agak dekil dengan pakaian yang lusuh dan terlihat kebesaran. Sesekali mereka juga mengalihkan pandangan ke arahku sambil tertawa. Ada yang salah denganku ?? Ahh..,biarlah, namanya juga anak-anak. Mungkin mereka adalah anak si pemilik warung tersebut, pikirku.

Tak berselang lama kemudian, pesanan kami pun datang. Dua porsi ayam lalapan yang siap disantap dengan sepiring nasi santan yang masih hangat, yummii…!! Mataku kini beralih ke arah makanan yang berada di hadapanku. Dan tak lagi memperhatikan kedua anak kecil tersebut, kecuali tawa mereka yang masih tetap terdengar ceria. Tawa khas anak kecil.

Mungkin karena terlalu serius makannya, tanpa kusadari anak-anak kecil itu telah berada di sampingku. Hanya dipisahkan oleh sebuah kursi plastik kecil. Mereka memperhatikan aku makan sambil tertawa cekikan. Huffft…!! Dasar anak kecil. Nggak tau apa kalau aku paling nggak mau diperhatikan kalau lagi makan. Karena merasa nggak enak, aku menatap mereka dengan mata melotot.

Selengkapnya......
May 15, 2010 Posted in | | 18 Comments »

Wadouh...!! ada yang salah kali ya sama judulnya. Kok cerita anak hujan sih. Sejak kapan si hujan itu merid dan punya anak (akting ngelus-ngelus dagu sambil pura-pura bego). Setahu saya, dari SD sampe kuliah, gak pernah tuh diajari kalau hujan itu punya anak. Ada sih memang hujan yang punya anak. Yaitu penjual bakso dekat rumahku. Biasa dipanggil Mas Ujan..hehe...

Lagian ngapaen juga ngasih judul gak jelas gitu. Yang kerenan dikit napa ?? Misalnya, Cerita Anak Koruptor, Curahan Hati Seorang Anak Mantan Pembantu atau kalau pengen lebih puitis dikit, misalnya Bisikan Hati Sang Jomblo Beracun. Hehe...Terserah lo deh atau whateverlah, kata orang di kampungku..^_^

Sebenarnya...ini bukan postingan lho (anggap saja begitu). Tulisan ini bukan untuk menceritakan kisah si anak hujan. Cerita Anak Hujan sebenarnya adalah nama blogku yang baru. Tapi aku nggak tau gimana cara mempromosikannya, jadi aku perkenalkan diri di sini aja. Kalau ada waktu, main-mainlah ke rumah baruku. Syukur-syukur kalau bermurah hati memasang linknya di blog kalian.

Mengapa harus Cerita Anak Hujan ?? Mengapa bukan anak-anak yang lain ?? Anak Mami, Anak Tetangga atau Anak Badak ?? Yah....karena begitulah adanya. Nanti kalian tahu sendiri alasannya.

Selengkapnya......
May 13, 2010 Posted in | | 19 Comments »

Bagi cowok (maupun cewek) yang merasa pernah dikecewakan sama gebetannya, kayaknya teori ini kudu kalian tahu. Bukan apa2. Ini supaya kalian tidak larut dalam kesedihan yang teramat dalam apalagi sampai bunuh diri hanyak karena ditolak oleh cewek (maupun cowok) idaman kalian. Lets cekidot....


Roni: Aku suka sama kamu, Rin .... Aku pengin kamu jadi pacarku.
Rina: (Malu-malu) Aku juga suka sama kamu, Ron.
Artinya - Jelas si Rina suka sama si Roni, sampe ngomong terus terang gitu.

***

Hendro: Nov, Aku bener-bener suka sama kamu. Aku pengin kita bisa jalan bareng.
Novi: Kaya'nya kita lebih baik temenan aja, dech. Kita khan udah lama temenan.
Artinya - Novi pun sebenarnya suka sama si Hendro. Status "teman" hanya buat alasan aja buat si Novi biar bisa deket terus sama si Hendro.

***
Andri: Aku ngerasa cocok jalan sama kamu. Mau ngga' jadi pacarku, Wen ?
Wenny: Jangan sekarang deh .... Aku pengin konsentrasi study-ku dulu
Artinya - Wenny suka sama si Andri, jawaban yang nggantung dan ngambang kaya' gitu maksudnya biar Andri penasaran dan tetep "stay around" si Wenny. Dengan gitu khan mereka bisa tetep deket. Andaikan si Wenny nggak suka, pasti ngomong terus terang sama Andri.

***

Selengkapnya......
May 11, 2010 Posted in | | 17 Comments »

Teruntuk seorang perempuan misterius
yang sapanya tiba-tiba saja hadir mengusir sepiku

Sadarkah kamu...
bahwa sebait rindu baru saja kau gubah
dalam lembaran sukmaku kala ini
Bukan rindu pada dirimu
tapi kerinduan akan jawab atas tanyaku

Sekalipun bayangmu tak pernah mampu kujelmakan
menjadi sosok yang kukenal selama ini
tapi hatiku juga tak ingin memaksa
untuk menyingkap setiap rahasiamu
bukankah Cinta juga kadang ada dan tumbuh
dari sesuatu yang tidak dikenal sebelumnya ??

Teruntuk seorang perempuan misterius
Jika hadirmu hanya untuk membangkitkan penasaranku
Maka aku ucapkan selamat...!!
Kamu telah melakukannya dengan sangat baik

Selengkapnya......
May 08, 2010 Posted in | | 15 Comments »

Kemarin aku sempat mengirim e-mail ke panitia Ma Chung Blog Competition 2010 terkait persyaratan lomba dan cara mensubmit artikel yang akan diikutsertakan dalam kompetisi.

Dari: azhis jie
Judul: Cara Posting Artikelnya gimana kak ??
Kepada: blog.machung@ yahoo.com
Tanggal: Kamis, 6 Mei, 2010, 7:20 AM

Assalamu Alaikum Wr. Wb..

Bapak2, Ibu, kakak2 yang terhormat. Aku pengen banget ikutan kompetisi ini. BlogQ sendiri sudah aku daftar semalam, artikelnya nanti nyusul. Tapi aku bingung kak, nanti artikelx disubmit kemana ya ?? Apa lewat email ato gimana ?? Soalnya di situsnya sendiri agak kurang lengkap info cara ngirim artikelx.

Terima kasih kakak. Mohon maaf klw ada salah2 kata. Wassalam

Trus, hari ini sudah ada konfirmasi dari mereka

Dari: Kompetisi Blog
Kepada: azhis jie
Terkirim: Kam, 6 Mei, 2010 07:53:34
Judul: Bls: Cara Posting Artikelnya gimana kak ??


Walaikumsalam
Begini, setelah kamu register, kamu bisa login pake username yang uda didaftarkan
Nanti kamu klik aja menu "Add Blog", nah disitu kamu masukkan url dari artikelmu. URL artikel ya, bukan URL blog.
Btw, ini adminnya cuma 1 aja. Dan bukan orang sekampung aja. cukup mas/mbak aja uda cukup :D

Nah, sampe di sini sepertinya sudah nemu titik, walaupun kurang terang. Ya dah, aku coba memasukkan URL postingan. Tapi kok, kolom yang disediakan malah nggak cukup. Ane malah tambah mumet nih jadinya. Aku kirim email sekali lagi. Mudah-mudahan aja panitianya nggak marah-marah sama saya.

Bls: Bls: Cara Posting Artikelnya gimana kak ??
Dari: azhis jie  
Kepada:    Kompetisi Blog

Assalamu Alaikum Wr. Wb.
kalau URL Artikel yang mo disubmit, kok nggak muat ya kolomnya....
Ane jadi bingung kk....  

Sampai tulisan ini diposting, belum ada balasan dari mereka. Hufft...!! jadi setengah hati nih pengen ikutan kompetisi...

Selengkapnya......
May 06, 2010 Posted in | | 9 Comments »

Wuihhh....!! ada lagi nih kompetisi blog. Aku sendiri nggak tau sejak kapan ni kompetisi dimulai. Mungkin aja sudah lama banget, tapi karena aku tinggalnya di pinggiran kampung, makanya suka telah ketiban informasi penting. Nah, tadi pas blogwalking ke blog tetangga, mataku langsung tertuju pada banner yang cukup membangkitkan hasrat (maksudnya, hasrat untuk ikutan..hehe). Namanya Ma Chung Blog Competition 2010, yaitu sebuah kompetisi blog yang diselenggarakan bagi kamu yang hobi nulis dan punya ide-ide menarik dan kreatif. 

Siapa aja bisa ikutan di kompetisi ini. Mulai dari Sabang sampai Merauke, tua, muda, dari anak TK sampe Professor, semua boleh ikut! Kamu cuma harus pilih kamu termasuk di kategori yang mana: Pelajar, Mahasiswa, atao Umum. Syarat untuk bisa ikutan di kompetisi ini yang utama dan paling penting adalah kamu kudu harus wajib dan mesti punya blog. Ya iyalah, namanya juga kompetisi blog..hehe. Tapi kalau belum punya blog, namun ngotot banget pengen ikutan, panitia sudah nyiapin tutorialnya tuh gimana caranya bikin blog. Syarat lainnya bisa diliat di situ resminya.

Nah, karena kompetisi ini adalah dalam rangka kebangkitan nasional, maka panitia sudah nyiapin temanya, yaitu "Indonesiaku Bukan Indonesia-Indonesiaan, Kamu cukup nulis opini, saran, atau kritik yang membangun mengenai kondisi Indonesia saat ini. Kamu boleh cerita tentang gimana kehidupanmu sehari-hari, terus kamu kaitkan dengan rasa nasionalismu. Atau kamu bisa ceritakan gimana kebiasaanmu bisa mempengaruhi negara kita. Kamu boleh cerita hal yang sangat sepele sampe hal yang extremely lebih (ekstrimli lebay). 

Selengkapnya......
May 05, 2010 Posted in | | 16 Comments »

***
"Setiap Orang Punya Dunianya Sendiri dan Mereka Bisa Saja Sibuk Dengan Dunianya Masing-masing. Tapi Ingatlah, Bahwa Kaki-kaki Kita Masih Berpijak Pada Bumi yang Sama"
***

Wuihh...!! Gayanya, udah kayak Pak Mario Teguh. Padahal cuma Azhis Chumi.hehehe. Iyah, nggak tau kenapa semalam kira-kira jam 12 malam, aku tiba-tiba terbangun. Bengong dan nggak tau mau ngapaen. Mau tidur lagi, padahal dah kelamaan tidurnya. Ya udah,,,aku baring-baring aja di tempat tidur sambil melamun dan menghayal nggak jelas. Eh....nggak ada air nggak ada makanan, tiba-tiba aja kata-kata di atas terangkai sendiri di dalam perenunganku. Entah masih sisa-sisa mimpi dari tidurku, atau apalah. Tapi kalau direnungi, kata-kata ini sepertinya sarat akan makna. ^O^

Well....Setiap orang punya dunianya sendiri-sendiri. Baik itu orang tua, orang dewasa, remaja, anak kecil bahkan bayi yang baru lahir sekalipun memiliki dunianya sendiri. Dan mereka sibuk mengisi dan mewarnai dunianya masing-masing dengan cara yang berbeda-beda.

Ada orang tua yang menghabiskan waktunya dengan bisnisnya. Namun adapula yang mendedikasikan diri demi kebahagiaa keluarganya. Ada remaja yang begitu bersemangat untuk mengejar cita-cita dan impiannya dan pula remaja yang cuma senang berhura-hura. Ada anak kecil yang begitu bahagia di tengah-tengah cinta dan kasih sayang orang tuanya, tapi ada juga anak kecil yang melewati masa kecilnya begitu saja tanpa kasih sayang bahkan nyaris terbuang.

Selengkapnya......
May 02, 2010 Posted in | | 9 Comments »