Kebayang nggak kira-kira masa kanak-kanak gw kayak gimana ? Gubraaakkk…!!! Penting ya ? Mending nggak usah dibayangin deh. Takutnya entar lo kena migren dan langsung didiagnosa kena tumor otak. Parah banget khan ?? Kalau mau tahu, nonton aja si Bolang. Pokoknya masa-masa kecil gw nggak jauh bedalah dan nggak kalah seru dengan mereka. Cuma beda nasib ajah. Mau gimana lagi, nasib telah menjadi bubur.Coba dari 15 tahun yang lalu ada acara kayak gitu, gw pasti dah terkenal sebagai si Bolang.


Tapi biarlah. Kali ini gw tak bermaksud mengadu pada Komnas Perlindungan Anak. Gw cuma pengen flashback dan menceritakan satu pengalaman gw waktu kecil. Mudah-mudahan ceritanya lucu….….dan semoga ini menjadi bukti otentik kalo gw juga pernah anak-anak…


Darah gw sebenarnya darah deso. Bokap dan nyokap wong deso. Bentuk gw juga di desain di desa. Dan juga masih di desa ketika dibrojolin dari balik selangkangan nyokap dengan bantuan seorang dukun beranak (Hufftt…!! Syukurlah bukan dukun santet). Sebenarnya sih walaupun nggak dijelasin panjang lebar satu paragraf begini. Penampilan gw dah cukup ngebuktiin kalo memang gw orang desa. Mau dipermak di ketok magic mobil sekalipun, didempul trus dirias pake air brush, aura desa gw akan tetap abadi..…Gw jadi keingat ma salah satu vokalis band alay yang terkenal...



Dari kelas satu sampai kelas tiga esde, gw sebenarnya masih tinggal di desa. Tetapi karena sekolahnya kelewat jauh, membuat gw jadi jarang banget nyampe di sekolah. Biasanya sih paling senang nongkrong di bawah pohon kelapa sambil main seluncuran pake pelepah daun kelapa. Atau kalo lagi musim hujan, gw langsung aja buka baju buka celana, trus mandi hujan. Hehehe….dah kenal bolos sejak SD coiii….!!!


Mungkin hal ini juga yang menyebabkan gw nggak naik kelas empat. Padahal di raport sebernya gw naik kelas. Cuman karena punya tunggakan yang belum dilunasi di koperasi sekolah, makanya kenaikan kelas gw pun dianulir. Huhh…!!! Ternyata diskriminasi itu bukan hanya kebiasaan si kaya terhadap si miskin, tapi juga si miskin terhadap si miskin banget pun sudah main diskriminasi-diskriminasian.


Walaupun nggak ngerti istilah diskriminasi, tapi nyokap gw menolah keras. Dia akhirya memutuskan untuk mentransfer gw ke kota (ciieeee…kayak pulsa ajah ). Karena dia merasa anak pejantannya yang paling cakep se-kampung diperlakukan tidak ber-perikemiskinan dan sering dikerjai oleh teman-temannya. Dan tak jarang dikeroyok rame-rame. Hal ini dibuktikan dengan beberapa luka cakaran di wajah dan kancing baju yang sudah hilang satu persatu.


Akhirnya sejak saat itu gw pun dititip di rumah paman di kota untuk dibina (sebelum dibinasakan……). Sebenarnya sih kotanya nggak jauh-jauh amat. Nggak sampe 20 menit dari desa…^O^. Dan sejak saat itu pulalah gw dinobatkan sebagai orang kota. Ditandai dengan acara jamuan makan mie instant (makanan orang kota, red).


Ternyata…ehh….ternyata…!! bukannya sok menyombongkan diri ya, sejak gw berstatus orang kota, otak gw yang dulunya keras kayak batu kali, perlahan-lahan menjadi lunak seperti onde-onde. Dari caturwulan I sampai tamat kelas enam, gw mendapat peringkat pertama terus. Dapat beasiswa. Sering ikut cerdas cermat. Ikut lomba baca puisi. Juara lomba adzan. Dan yang paling berkesan adalah ketika ikut lomba pidato waktu kelas empat……sebenarnya lomba pidato inilah yang jadi inti cerita. Yang lainnya itu Cuma ekstra ajah…


Gw lupa bulan berapa, tapi kalau nggak salah bulan Oktober. Nah, pada bulan ini biasanya diadakan kegiatan pameran pembangunan sebagai rangkaian peringatan HARKITNAS (Emangnya Harkitnas itu beneran bulan Oktober yah ?). Dan salah satu kegiatan yang paling banyak mencuri perhatian tentu saja pergelaran seninya. Mulai dari pementasan drama, deklamasi puisi, lomba adzan dan juga lomba pidato seperti yang gw ikuti.


Sebenarnya gw nggak punya keberanian dan ketertarikan sama sekali buat ngikuti acara ini. Selain karena gw orangnya pemalu. Aku pikir ini juga bukan ajang yang tepat untuk menguji adrenalin gw. Gimana tidak, coba. Bayangin ajah, waktu itu gw masih kelas empat SD yang masih butuh “tatih tayang” dari mami, sedangkan peserta lainnya adalah siswa2 SMA. Yang ada pasti lucu dan malu-maluinlah.


Tapi apa mau dikata. Gw nggak bisa nolak. Sepupu gw yang ngonsep bahan dan nekat nyuruh gw buat tampil telah mengetuk palu putusan tanpa mempertimbangkan besarnya kemaluan rasa malu gw nantinya. Ya dah, gw pun menerima dengan sangat terpaksa. Dan acara asah-mengasah ingatan pun dimulai. Gw mengafal. Ini salah satu cara terbaik untuk bisa tampil. Soal isi, itu urusannya penonton yang budiman.


Malam pembantaian pun tiba. Malam itu gw benar-benar akan menghafal. Gw sengaja melebur di barisan penonton supaya nggak dikenali sebagai peserta. Satu persatu telah nunjukin performancenya yang selalu disambut dengan gemuruh tepuk tangan. Hal ini juga membuat Pede gw menguncup. Dan akhirnya giliran gw pun tiba ketika protokol memanggil namaku.


“peserta selanjutnya adalah ABDUL AZIS !! perlu kami sampaikan bahwa beliau adalah peserta termuda yang masih duduk di kelas empat SD”


Seluruh mata penonton beralih ke barisan kursi peserta. Tapi kok yang dipanggil nggak ada siapa2 sih ? Ya iyalah. Wong gw berdiri di barisan pononton. Hihihi…dasar penonton tolol. Bisa aja gw kerjai Dan dengan kemeja yang nampak kegedean, gw pun menyusup malu2 di sela-sela barisan penonton.


Belum juga gw nyampe di atas podium, sorak sorai dah terdengar sana sini. Tapi ada juga yang nyeletuk dari belakang. “lho, kok dari belakang sih. Kirain tadi penonton” dan ada juga yang bilang “woyyy…!!! Sudah minum susu belum ?” Argghhh…!!! Benar-benar bikin gw tambah deg-degan. Tapi gw terlanjur berada di depan podium. Layar dah terkembang, pantang bagi gw buat surut ke pantai (Cemangatttt…!!!)


“Bismillahirrahmanirrahim. Assalamu Alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh”. Ucapan salamku memulai pidato dengan suara khas anak-anak yang kemudian dibalas tepuk tangan oleh penonton.


“Alhamdulillahi Rabbil Alamin……bla….bla….bla…bla…” Suara gw benar lancar dengan intonasi yang jelas. Tatapanku menyusuri tiap penjuru walaupun tak jarang harus menunduk sejenak mengingat-ingat hafalanku.


Satu paragraph, dua, tiga dan seterusnya sudah benar-benar gw hafal di luar kepala. Tapi ketika sampai pada paragraph kesimpulan, tiba-tiba……BLANK……!! Musibah terjadi. Gw bener-benar lupa kelanjutannya. Gw panik setengah mampus. Mataku tak tenang celingukan kiri kanan dan ke depan ke arah penonton yang kelihatan juga sudah tertawa cekikan ngeliat tingkahku yang mati gaya. Tubuhku juga kurasa sudah mulai basah.


Ahhh….!!! Bodoh amat. Amat aja nggak bodoh. Emang gw pikirin. Tak ada juga yang bisa bantu gw ngelanjutin hafalanku yang kelupaan di tengah jalan. Dan seperti ada balon pijar yang menyala di atas kepala gw kayak di buku2 bacaan, tiba-tiba….Cliinnnnngggg….!!! Abrakadabra…Tanpa sempat gw larang, tanganku pun langsung merangkak menuju saku kemejaku. Apalagi yang dicari kalo bukan konsep yang sudah gw lipat kecil-kecil dan dimasukin ke dalam kantong kemeja gw sebelum tampil. Hufff…!! Untung ada dewa penyelamat.


Gw dengar suara tawa penonton semakin riuh. Ada juga yang teriak “huuuuu…..!!!”. Muka gw semakin merah padam kayak kepiting rebus yang hampir gosong. Dan juga terasa tebal seperti ban bulldozer. Sampai akhirnya gw pun mengakhiri pidato itu dengan kesimpulan yang sebenarnya sudah tak ada di dalam konsep sama sekali. Gw nggak peduli apa masih nyambung dengan yang gw sampaikan sebelumnya atau tidak. Whatever lah…


“Wabillahi Taufiq wal Hidayah. Wassalamu Alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh”. Tanpa mendengarkan balasan salamku lagi, gw langsung turun dari tangga podium dan lari pulang ke rumah. Alhasil, gw pun jadi bulan-bulanan dan bahan tertawaan setelah nyampe di rumah. Hufftt…!! Sumpeh. Ini benar-benar pengalaman yang ngga bisa gw lupaian. Untungnya di akhir kegiatan gw juga diberikan hadiah. Bukan karena juara. Tapi untuk apresiasi ajah karena sudah berani tampil walaupun malu-maluin banget….




Tulisan Yang Berkaitan



January 06, 2010 Posted in | , | 8 Comments »

8Komentar:


..aRea waJib NgoMeL..


Silahkan ngomel yang baek2 di sini ^_*. Kalau pengen ngomelin teman yg lain, caranya ketik @ID yang diomelin, trus tulis omelan kamu di bawahnya.


Contoh:


@4827332802306653045.0
Wahhh....blognya siapa neh..?? jelek banget.. :-P