Momentum akbar Ekspedisi Taka Bonerata 2009 berakhir sudah, Kegiatan yang dilaksanakan selama sepekan ini sukses menyita banyak perhatian masyarakat. Bukan hanya masyarakat Selayar, tetapi Sulsel secara umum. Selain karena merupakan salah satu program pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan yang bertema "Visit South Sulawesi", juga karena kegiatan ini melibatkan banyak peserta dari berbagi kalangan, mulai dari pejabat, sampai dengan selebritis. Dan tak ayal, wartawan infotainment pun banyak yang berbondong-bondong meliput Ekspedisi Takabonerate 2009 ini. Termasuk rombongan Team "MANCING MANIA TV 7" yang rencananya melakukan syuting di tempat ini.

Lalu seperti apakah sebenarnya Takabonerate ini ? Mungkin tak banyak orang yang mengenal. Jangankan orang di luar Sulawesi, orang Makassar pun yang notabene masih satu provinsi dengan Kabupaten Selayar Kepulauan, banyak yang belum pernah mendengar nama tersebut. Padahal kalau dibandingkan, Bunaken yang di Manado saja kalah. Takabonerate merupakan salah satu taman laut yang memilki atol terbesar ketiga di dunia, setelah Kwajifein di Kepulauan Marshal dan Suvadiva di Kepulauan Moldiva. Luas atolnya sekitar 220 ribu hektar, dengan terumbu karang yang tersebar datar seluas 500 Km persegi. Kurangnya promosi dan mungkin letak geografisnya yang lumayan sulit dijangkau, menjadikan genderang keindahan tempat ini nyaris tak terdengar.

Berikut ini adalah testimonial mereka tentang Takabonerate yang saya kutip dari Harian Tribun Timur :

Agus Arifin Nu'man (Wagub Gubernur Sulsel)
"Apapun hasilnya, kita sudah memperkenalkan dan mempromosikan Takabonerate. Tahun depan harus kita rencanak lebih baik. Kami akan melakukan koordinasi dengan pihak-pihak terkait untuk menjual Takabonerate"

Tanri Abeng (Pengusaha asal Selayar)

"(Keindahan bawah laut Takabonerate) sudah ada. Saya akan bawa pengusaha untuk melihat peluang investasi ke Takabonerate untuk menjualnya ke Internasional. Sekarang tinggal melengkapi transportasi dan akomodasi"

Laksamana Pertama Bambang Wahyudin (Komandan Lantamal VI)
"Tugas TNI Angkatan Laut adalah menciptakan keamanan di laut, termasuk perairan di sekitar takabonerate. Setiap gangguan yang muncul kami akan hadapi. Suasana yang aman akan menciptakan kenyamanan warga di pulau-pulau untuk meningkatkan kesejahteraannya"

Suaib Mallombassang (Kadis Pariwisata Sulsel)
"Pelaksanaan Takabonerate Island Expedition pertama ini memang masih terdapat kekurangan. Tetapi ini lebih baik daripada tidak berbuat sama sekali. Kekurangan itu akan menjadi perhatian untuk diperbaiki tahun-tahun berikutnya"

Januar Jaury Darwis (Ketua POSI Sulsel)
"Untuk menikmati keindahan bawah laut Takabonerate harus dibutuhkan waktu berhari-hari, bukannya hanya satu jam. Buktinya Nadine Candrawinata dan Lusy Rachmawati tidak merasa puas menyaksikan keindahan bawah laut karena hanya menyelam sekitar satu jam"

Andy Chandrawanita (Manager Nadine Chandrawinata)
"Akhirnya saya bersama Nadine bisa menyelam di perairan Takabonerate. Meski hanya satu jam menyelam, kalau bertemu dengan komunitas penyelam, kami sudah bisa bercerita bahwa tebing Takabonerate memang yang terbaik"

Semua ini membuktikan bahwa, Takabonerate memiliki potensi yang sangat besar untuk dijadikan objek wisata andalan baik kepada wisatawan domestik maupun mancanegara. Yang harus kita lakukan hanyalah bagaimana mematangkan persiapan, sehingga nantinya Kabupaten Selayar bisa benar-benar berubah menjadi seperti yang kita mimpi-mimpikan.

....Setitik asa dari seorang pemuda  yang senantiasa bangga terhadap kampung halamannya, walaupun di sana tidak ada Mall, Bioskop maupun KFC. Semuanya hanya karena setetes darah yang telah terlanjur melebur dengan segumpal tanah kelahiran tempat dia berpijak....

Tulisan Yang Berkaitan



October 29, 2009 Posted in | | 0 Comments »

0Komentar:


..aRea waJib NgoMeL..


Silahkan ngomel yang baek2 di sini ^_*. Kalau pengen ngomelin teman yg lain, caranya ketik @ID yang diomelin, trus tulis omelan kamu di bawahnya.


Contoh:


@4827332802306653045.0
Wahhh....blognya siapa neh..?? jelek banget.. :-P