Kalian nyadar nggak kalo judul di atas kedengaran sadis banget. Kesannya gimanaaa gitu ? Seolah-olah di FB ntuh ada insan-insan yang berjibun ma dosa-dosa, sehingga ketidakhadirannya di friendlist kita lebih mulia dibandingin keadaannya (keadaan…??). Hehe…kayak koruptor kan ? atau paling tidak mirip dengan anak-anak punk dengan style funky tapi bau najis yang kadang ngga jelas orientasi hidupnya kemana. 

Gue jadi tertarik banget nulis ini gara-gara pas malam minggu kemaren, salah satu acara di Venus FM Makassar ngebahas masalah ini, yaitu orang2  yang kudu wajib mesti dan harus dienyahkan dari friendlist kita. Ada juga sih beberapa orang yang bilang ngga perlu dienyahkan, cukup dihapus ajah...(sama aja khalee), tapi banyakan yang ngedukung hal ini, termasuk gue. Yah, secara gw dah beberapa kali ngeremove teman-teman FBku. Bukannya jahat, pilih kasih maupun diksriminasi seksual yang cuma mo berteman dengan cewe, sama sekali bukan. Gue cuma ngerasa perlu aja untuk tidak memelihara manusia-manusia kayak mereka, karena di pikiran gue, kalo dibiarin terus berkembang dengan tingkah lakunya yang nyebelin dan kadang-kadang sudah menjurus ke hal-hal yang nyakitin perasaan, lebih baek gue ambil jalan aman ajah. Yah…diremove gitu, sambil ngirimin message permintaan maaf karena dah dihapus sebagai teman. 



Tapi sebenarnya penting ngga sih ngelakuin hal itu…?? Menurut gw pribadi, hal itu sangat penting untuk kita lakuin. Facebook adalah media komunikasi yang setiap orang bisa aja masuk dan bergabung di dalamnya. Nge-add dan comment sana sani. Nah, klw ngga difilter, maka bisa-bisa kita akan jadi korban. Korban malu dan korban sakit hati gara-gara comment yang sembarangan. Bahkan beberapa kejadian, akibatnya justru lebih parah dari dua hal itu.



Dunia maya lebih mampu nunjukin seperti apa kita yang sebenarnya dibandingin dunia nyata. Ada yang pendiam di dunia nyata, tapi jadi cerewet dan bawel banget di dunia maya. Bisa jadi, dia aslinya emang cerewet beneran, cuma kadang malas aja bicara. Ada juga yang cool dan calm di dunia nyata, tapi jadi serasa cheerful banget di FB. Ada yang kadang-kadang dianggap ngga bisa ngapa-ngapaen di dunia nyata, tapi ternyata mereka bisa jadi penulis di Blog dan sebagainya.

So,..orang-orang kayak gimana kah yang harusnya dihindari dan perlu untuk dihapus dari frenlist kita..?? Beberapa hari yang lalu gue terpaksa ngeremove dua orang teman gw. Alasannya sepele, karena mereka sering ngasih comment yang nggak jelas dan nggak penting banget. Selain itu, aku jg nggak kenal dengan mereka, walaupun kami mempunyai beberapa common friend, tapi tetap aja gw ngga kenal. FB memang sebenarnya bertujuan untuk saling mengenal bagi yang belum kenal. Mendekatkan teman yang jauh, dan juga lebih mengakrabkan bagi yang memang sudah saling berteman. Tapi, apa jadinya nanti kalau baru diconfirm kemaren sore ajah, sekarang mereka sudah nunjukin tabiat yang tidak baik. SKSD lah, sok care lah, sok perhatian, sok menggurui dan sebagainya. Yang ada malah jadi ilfil.

Gw berpikirnya kaya gini. Kalau memang tak mau dibilangin jaga mulut, yah…jaga tulisan dan komentar di FB. Komentarmu bisa nunjukin seperti apa kamu di dunia nyata. Yang paling penting, kita harus mengenali dulu kayak gimana karakter orang yang dikomentari statusnya, wallnya, notenya, and sebagainya. Kalau memang pengeng kenal lebih jauh ma seseorang, step by step lah. Jangan langsung sksd gitu coz yang ada nanti malah langsung ditendang karena dianggap dah ngerecokin kehidupan pribadinya. Gw adalah gw, nah….lo siapa ???

Tulisan Yang Berkaitan



November 28, 2009 Posted in | , | 1 Comments »

1 Komentar:


..aRea waJib NgoMeL..


Silahkan ngomel yang baek2 di sini ^_*. Kalau pengen ngomelin teman yg lain, caranya ketik @ID yang diomelin, trus tulis omelan kamu di bawahnya.


Contoh:


@4827332802306653045.0
Wahhh....blognya siapa neh..?? jelek banget.. :-P