Beberapa bulan yang lalu, ketika masih ijo anget-anget di ranah blog, sebelum saya ngenal apa itu blogwalking, google page rank, dan jenis mahluk apa itu yang bernama alexa (emang saat ini dah ngerti yagh :-p). Saya sempat berkunjung ke salah satu blog teman baruku yang aku follow. Wuihhh....!!! Blognya top banget deh. Emang yah, rumput tetangga pasti lebih ijo dibandingin rumput sendiri. Walaupun beberapa orang rabun bilang blog saya "bagus" (kapujiang : MODE ON) tapi tetap ajah blog dia lebih manis, lebih cantik dan lebih enak dipandang mata (hehehe...maklum..yang punya juga cewek manis).

Nah...di salah satu postingannya dia beri judul "Aku dan Alexa" yang ngebahas tentang kehidupan hari-harinya dan juga si "Alexa" yang katanya sering ngambek dan kurang sehat. Kadang-kadang kurus, dan juga kadang-kadang jadi gendut dan buncit. Di pikiran saya, Alexa itu pasti seorang cowok cakep yang punya hubungan khusus dengannya. Atau paling tidak, Alexa itu mungkin sejenis kucing piaraan yang memang kadang suka ngambek kalau lagi nggak mood ngeliat manusia.

Aku bukannya sok ingin pintar dan pengen ngejelasin lagi tentang Alexa, gimana cara ngelangsingin, ataupun formula-formula agar penyakit gendut alexa nggak kambuh. Coz..memang kayaknya aku belum punya kapabilitas untuk membuat defenisi sendiri mengenai si kucing piaraan bernama alexa itu. Kalau nggak pengen ribet nanya sana sini, kan ada Mbah Gugel buat ditanya ini itu. Asalkan jangan nanya-nanya ke Mbah Maridjan soal alexa itu. Apalagi nanya ke Mak Erot. Yang ada, lo malah dikasih tips to make Yours become hard, strong, and long life....hohoho.....

Dan juga biasanya, orang yang ngebahas tentang alexa itu pasti sudah punya alexa rank yang ngebanggain. Sudah berada di jajaran angka ratusa ribu. Sedangkan saya ?? Mending nggak usah disebutin deh, malu-maluin aja. Mending liat aja sendiri. Yang jelas, andaikata ranking alexa itu adalah sejenis chip poker yang bisa dirupiahkan. Mungkin dah aku rupiahkan, dan ngomong cepat-cepat ke Ibuku kalau aku dah siap kawin...hehehehe...

Kembali ke alexa. Sebenarnya alexa itu apaan sih ?
Mungkin bagi orang yang sudah lama berkecimpun di dunia blog dan web, kayaknya nama alexa itu bukan lagi sesuatu nama yang asing. Tapi, bagi nyubi seperti saya, selain sebagai kucing piaraan, secara sederhana alexa itu bisa dianalogikan sebagai peringkat kelas. Semakin kecil peringkatnya, semakin bagus. Artinya, orang tersebut pasti akan populer di sekolahnya (pernah ngerasain soalnya...^O^)

Alexa bisa menjadi tolak ukur popularitas sebuah situs maupun blog dan jumlah halaman (page views) yang dilihat pada sebuah blog/web/situs. Jadi semakin kecil (kurus) ranking alexanya, maka semakin bagus. Contohnya, ketika pertama saya pasangi widget alexa di blogku, peringkatnya masih di kisaran 10 jutaanlah (kaya banget khan), tapi sekarang sudah merosot ke angkat 6 juta.

Kapan alexa rank diupdate pada sebuah situs ?
Dari salah satu blog, saya dapatkan informasi katanya ranking alexa itu biasanya diupdate setiap 2 bulan sekali. Katanya sih, (dia juga pakai kata "barangkali). Dan memang saya agak kurang percaya, soalnya rangking alexa blog saya yang 10 juta menjadi 6 juta itu dicapai tidak lebih dari 2 minggu.

Pentingkah alexa itu ?
Kalau berbicara mengenai penting atau tidak, itu tergantung dari individu masing-masing. Jika seseorang membangun blog dengan tujuan untuk bisnis dan pemasaran, maka alexa bisa menjadi salah satu tolak ukur akan kepopuleran sebuah blog atau situs. Tapi bagi orang yang ngeblog dengan tujuan sampingan apalagi cuma sekedar ngikut trend, sepertinya mengejar alexa bisa diabaikan walaupun sebenarnya ada gengsi tersendiri kalau punya rangking alexa yang kecil. Seolah-olah kita sedang berkompetisi untuk meraih ranking terbaik.

Mungkin itu penjelasan singkat tentang alexa yang aku dapatkan dari berbagai sumber di internet. Kalau ada yang pengen nambahin, monggo. Ini sifatnya cuma sharing. Tak ada maksud menggurui sama sekali.

Tulisan Yang Berkaitan



December 14, 2009 Posted in | , | 1 Comments »

1 Komentar:


..aRea waJib NgoMeL..


Silahkan ngomel yang baek2 di sini ^_*. Kalau pengen ngomelin teman yg lain, caranya ketik @ID yang diomelin, trus tulis omelan kamu di bawahnya.


Contoh:


@4827332802306653045.0
Wahhh....blognya siapa neh..?? jelek banget.. :-P