Menyebut kata ANAK SMP, pasti di pikiran kita tidak jauh-jauh dari sosok anak kecil yang berpakaian putih biru dan masih doyan ngemut permen lolipop. Dengan tampang-tampang tak berdosa dan kadang nakalnya minta ampun seorang anak SMP biasanya diidentikkan dengan anak-anak yang bisa dibilang tidak kecil dan juga tidak terlalu besar. *apaan sih*. Maksudnya dari segi ukuran tubuh, lebih besarlah dari ukuran anak SD, namun masih lebih kecil dari anak SMA. Ya iyalah... :-P 

Masa-masa SMP merupakan masa yang paling membanggakan sekaligus menyenangkan bagi seorang anak. Bagaimana tidak, dengan pakaian putih birunya, seorang anak SMP biasanya sudah tidak takut lagi sama anak SD karena merasa level dia lebih tinggi. SMP gitu loh....anak SD, mana berani....?? Yahhh....secara teori memang seperti itu. Tapi kadang kenyataannya bisa berbeda. 

Waktu saya masih SD, ada lho anak SMP yang dihajar habis-habisan sama teman kelasku. Ini sebenarnya dendam antar geng. Kebetulan teman saya ini sudah tiga kali tinggal kelas. Jadi wajar aja kalau dia sama sekali tidak takut sama si anak SMP itu. Wong usia mereka sama kok. Dari segi ukuran tubuh, teman saya juga lebih kekar....hehe...jadi wajar aja. *jiahhh...!! kok pada ngomong nggak benar nih*


Masa-masa SMP sesungguhnya adalah masa pencarian jati diri bagi seorang anak karena masa ini merupakan masa transisi dari anak kecil menjadi remaja. Oleh karena itu, sistem pengajaran yang diterapkan di SMP juga menjadi berubah dibandingkan sistem pengajaran di Sekolah Dasar.Dan atas dasar itu pula, anak SMP semakin banyak dibekali pendidikan-pendikan yang bersifat membangun karakter dan jati diri.

Mereka tidak hanya berkutat pada pelajaran-pelajaran di dalam kelas yang bersumber dari buku-buku pelajaran, tetapi juga diajari cara berorganisasi dan hidup berkelompok dalam kegiatan ekstrakurikuler. Sehingga tidaklah mengherankan jika kemudian anak SMP mulai mengenal genk-genk dan semacamnya.

Anak SMP juga semakin berkembang dari sisi psikologi. Mereka sudah mulai mengenal rasa suka terhadap lawan jenis walaupun masih shy shy cat alias malu-malu kucing untuk mengungkapkan rasa ketertarikan tersebut. Selain itu, karena merasa dirinya sudah bukan anak kecil lagi, sehingga memunculkan perasaan berani di dalam dirinya. Berani bukan hanya berarti berani berkelahi, tetapi juga berani membangkang dan sebagainya. Anak SMP sudah mulai mengenal bolos, tidak mengerjakan PR dan juga mulai berani berbohong kepada orang tua dan gurunya.

Yah, itulah karakter anak SMP. Karakter yang harus diasah dan dibentuk menjadi karakter-karakter andalan buat masa depan bangsa yang cerah. Anak SMP harusnya menjadi masa-masa yang sangat menyenangkan. Masa yang tidak akan terlupakan. Mudah2an anak SMP sekarang tidak seperti dengan anak SMP versi sinetron yang kacau balau..^^

Postingan mengenai masa SMP ini dibuat dalam rangka mendukung GERAKAN SEO POSITIF supaya kiword  SMP bukan berisi situs aneh-aneh lagi.




Tulisan Yang Berkaitan



August 24, 2010 Posted in | | 28 Comments »

28Komentar:


..aRea waJib NgoMeL..


Silahkan ngomel yang baek2 di sini ^_*. Kalau pengen ngomelin teman yg lain, caranya ketik @ID yang diomelin, trus tulis omelan kamu di bawahnya.


Contoh:


@4827332802306653045.0
Wahhh....blognya siapa neh..?? jelek banget.. :-P