KEMERDEKAAN IALAH HAK SEGALA BANGSA, DAN OLEH SEBAB ITU MAKA PENJAJAHAN DI ATAS DUNIA HARUS DIHAPUSKAN KARENA TIDAK SESUAI DENGAN PERIKEMANUSIAAN DAN PERIKEADILAN.

Dan Enam Puluh Lima tahun pun berlalu tanpa disadari. Enam puluh lima tahun yang paling bersejarah bagi perjalan bangsa kita, Indonesia tercinta. Enam puluh lima tahun sejak presiden pertama-Soekarno-memproklamirkan kemerdekaan Indonesia dari penjajahan.

Yah...hari ini 17 Agustus 2010, Indonesia kembali merayakan kemerdekaannya yang ke-65. Walaupun perayaannya tidak semeriah tahun-tahun sebelumnya karena bertepatan dengan bulan puasa. Namun hal itu tidak menyurutkan rasa "bangga dan bahagia" kita atas pencapaian prestasi bangsa Indonesia dalam proses mempertahankan eksitensi dan kedaulatannya. Namun yang menjadi pertanyaan adalah apa sesunggunya KEMERDEKAAN itu ??

Dari penggalan pembukaan UUD 1945 tersebut, jelas bahwa substansi dari kemerdekaan itu adalah untuk menghapuskan penjajahan di negeri ini. Dari segi teori, Indonesia memang telah merdeka karena telah terbebas dari penjajahan bangsa lain. Namun apakah juga demikian dari segi praksisnya...?? 

Kemerdekaan adalah hak segala bangsa dan juga menjadi hak individu di dalam bangsa itu sendiri. Harusnya seperti itu. Namun apa yang kita saksikan sekarang ini di sekeliling kita. Kemiskinan, pengangguran, buta aksara, KKN dan proses birokrasi yang sangat ribet seakan menghapus makna kemerdekaan itu. Indonesia memang telah merdeka, tapi belum bagi penduduknya.

Akhirnya, perayaan tujuh belas Agustus yang dilaksanakan setiap tahunnya tidaklah lebih dari sebuah seremonial rutin tahunan bagi bangsa Indonesia  yang diisi dengan kegiatan-kegiatan yang sekedar menyemarakkan, tanpa mendapatkan kemerdekaan yang sesungguhnya. Slogan dirgahayu Republik Indonesia ke-65 seakan hanya menjadi simbol reminder atau pengingat yang angkanya selalu berganti setiap tahun untuk menandai bahwa Indonesia telah merdeka dari penjajah asing sekian  tahun yang lalu.

INDONESIA MEMANG TELAH MERDEKA DARI PENJAJAH ASING, NAMUN BELUM MERDEKA DARI PENJAJAH DI NEGERI SENDIRI

Tulisan Yang Berkaitan



August 16, 2010 Posted in | | 6 Comments »

6Komentar:


..aRea waJib NgoMeL..


Silahkan ngomel yang baek2 di sini ^_*. Kalau pengen ngomelin teman yg lain, caranya ketik @ID yang diomelin, trus tulis omelan kamu di bawahnya.


Contoh:


@4827332802306653045.0
Wahhh....blognya siapa neh..?? jelek banget.. :-P