Siapa bilang membuat judul penelitian itu gampang ?? Kalau sekedar membuat judul seperti TRIO BEBEK atau KETIKA MOLENG BERTASBIH sih nggak usah pake konsultasi dengan dosen pembimbing segala, karena anak SD juga bisa kalau cuma bikin judul gituan. Masalahnya, ini bukan judul novel humor atau judul postingan blog. Tapi Ini tuh judul penelitian.

Judul penelitian katanya harus Ilmiah, tidak terlalu panjang dan jangan juga kependekan. Judul tidak boleh sama dengan judul manapun, karena itu bisa dituduh melanggar hak cipta. Trus judul tidak boleh ambigu (bermakna ganda) dan harus mengandung atau menggambarkan sebuah masalah yang akan kita bahas. Yah...kira-kira kayak gitulah apan yang dosenku bilang.

Malahan, kalau kita nggak bisa dapat masalah, kita kudu cari tuh masalah. Misalnya, ngelempar genteng tetangga malam-malam sambil teriak-teriak mukul panci. Dijamin kamu bakalan dapat masalah yang buoooosaarrrr banget. Hihihi....nggak dink. Bukan masalah itu yang aku maksud.

Dan tambahan buat saya, karena judul harus pake Bahasa Inggris. Duhhh...gusti..!! Bahasa Indonesia saya aja masih belepotan gini, apalagi kalau harus pake English. Makin nambah aja bebannya. Tapi yah, mau gimana lagi, Udah jadi kewajiban chuyyy.

Beberapa minggu terakhir ini, kami dapat tugas dari pak dosen buat merancang judul penelitian. Sebenarnya ini juga masih judul sementara. Nantinya bisa diganti kalau memang belum bagus. Awal-awalnya agak susah juga sih nyari si topik. (Oiii..yang ngumpetin topik siapa ?? Hayooo ngaku cepat). Nggak tau mau ngambil topik apaan. Soale aku nggak tau masalah apa yang bakal mau teliti. Bukan karena nggak ada masalah. Justru karena terlalu banyak masalah, makanya jadi bingung mau pilih yang mana. Terlebih lagi, aku merasa nggak punya bidang yang bener2 aku kuasai.


Ini juga harus diperhatikan buat yang pengen nyusun skripsi. Carilah masalah atau bidang yang menarik bagi kita dan paling tidak, menguasai permasalahannya Sehingga kita jadi semangat buat menelitinya dan nggak dibantai pas ujian nanti...hehe...

Sebagai mahasiswa Sastra Inggris dengan konsentrasi linguistik sepertinya menjadi berat banget bagi saya. Gimana tidak, mulai dari mata kuliah Fonetik dan Fonologi, Semantik, Sintaksis atau apalah, nggak ada yang benar-benar saya kuasai. Ini karena jiwa saya memang jiwa sastra. Satu-satunya mata kuliah yang sangat saya senangi adalah TRANSLATION alias TERJEMAHAN. Inipun karena faktor dosennya yang bagus banget kalo ngajar...hehe...

Dan akhirnya muncullah ide buat ngangkat topik tentang terjemahan ini. Selain karena bahasannya nggak terlalu berat, juga karena aku sangat tertarik dengan masalah ini, walaupun kayaknya sudah banyak yang membahas masalah yang berkaitan dengan terjemahan.

Topiknya sudah ketemu, giliran selanjutnya adalah merangkai judul (cieee..merangkai. Kaya mo nulis puisi aja..:-P). Maksudnya merancang judulnya. Sekali lagi, di dalam judul harus jelas permasalahan apa yang akan kita bahas di dalam skripsi. Lebih jelasnya, bisa dicari diberbagai sumber, baik buku maupun internet.

Ini adalah rancangan judul saya. Mohon untuk tidak tertawa... ^__^

"AN ERROR ANALYSIS IN TRANSLATION FROM ENGLISH INTO BAHASA INDONESIA IN MENU OF FACEBOOK"

Aku sendiri belum tau, apa judulku sudah cocok atau belum. Soalnya ini cuma rancangan sementara yang masih butuh banyak perbaikan. Belum jelas rancangan masalahnya kayak gimana, dan metode yang digunakan seperti apa. Masih kaburrrr...!!! Intinya aku pengen tau kesalahan atau kekeliruan2 pemilihan kata yang terjadi ketika menggunakan FB yang versi Bahasa Indonesia. Yang hasilnya nanti bisa memberikan rekomendasi pilihan kata yang lebih cocok digunakan. Ini judul yang pertama.

Next, judul yang kedua. Mohon untuk (masih) tidak tertawa...^__^

"THE WEAKNESSES OF GOOGLE TRANSLATE IN TRANSLATING BAHASA INDONESIA INTO ENGLISH THAT USE TENSES"

Sama kayak judul pertama di atas. Semuanya masih kaburrrr...!! Intinya aku pengen tau aja, dimana letak kelemahan si Google Terjemahan ini dalam menerjemahkan suatu kalimat yang mengandung unsur tenses.

Mengapa harus Facebook dan Google ??? Sekali lagi, carilah masalah yang menarik buat kita teliti supaya menelitinya bisa lebih semangat. Dan aku sangat tertarik dengan dua objek tersebut. Mudah-mudahan aja bisa membuahkan hasil yang postif. Amin...

Mohon Bantuan dan Petunjuknya,,,,Thx...

Tulisan Yang Berkaitan



April 30, 2010 Posted in | | 5 Comments »

5Komentar:


..aRea waJib NgoMeL..


Silahkan ngomel yang baek2 di sini ^_*. Kalau pengen ngomelin teman yg lain, caranya ketik @ID yang diomelin, trus tulis omelan kamu di bawahnya.


Contoh:


@4827332802306653045.0
Wahhh....blognya siapa neh..?? jelek banget.. :-P